Sabtu, 24 Oktober 2015

Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara

PERHIMPUNAN PETERNAK UNGGAS NUSANTARA
Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara (PPUN) lahir pada bulan Februari 2001 yang dideklarasikan di Wisma Kinasih, Caringin, Bogor. Pada saat itu, setelah krisis moneter, peternak merasa tidak punya bargaining power, tidak mempunyai saluran yang tepat untuk menyampaikan aspirasinya.

            Walaupun saat itu sudah ada sebuah organisasi nasional, tetapi dirasakan hanya sekadar politis, tidak menyentuh kehidupan peternak secara riil. Akhirnya masing-masing peternak membuat organisasi sendiri-sendiri di daerah masing-masing.

            Lahirnya PPUN direspon baik oleh kalangan peternak mandiri di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi sampai ke  Cianjur. PPUN diharapkan bisa mewadahi peternak yang hanya bisa beternak dan tidak mempunyai kemampuan untuk memproduksi DOC, pakan ataupun obat-obatan. PPUN diharapkan bisa menjadi saluran informasi dari semua kegiatan perunggasan sekaligus bisa menjadi saluran komunikasi terhadap perusahaan integrated dan pemerintah. 

            PPUN secara rutin selalu mengadakan pertemuan sesama anggota untuk membahas permasalahan perunggasan yang ada dan bagaimana jalan keluarnya. Beberapa kegiatan lain juga pernah diselenggarakan seperti kampanye gizi makan ayam di DPR dan Pemda Bogor, Seminar Perunggasan, Pelatihan Manajemen serta audiensi kerap dilakukan dengan jajaran pemerintah pusat maupun daerah serta kalangan swasta.  

            Dalam perjalanannya kemudian, PPUN turut membidani lahirnya Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN) yang diharapkan bisa memayungi peternak dengan ruang lingkup yang lebih luas. Dengan demikian diharapkan bisa tercipta perunggasan yang lebih solid dan berkeadilan.

            Terpilih sebagai Ketua Umum PPUN periode I adalah Tri Hardiyanto, Periode II Anas Sudjatmiko dan Periode III S. Sigit Prabowo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar